Inilah Alasannya, Mengapa Sebaiknya Anda tidak Menggunakan Jasa Pinjaman Uang Illegal di Pinggir Jalan?

advertise here

Kebutuhan akan dana cepat terkadang membuat seseorang mengandalkan berbagai cara untuk mendapatkan dana tersebut. Salah satunya adalah dengan mengunjungi jasa pinjaman uang illegal yang kerap kali hadir di pinggir-pinggir jalan. Jasa tersebut memang bisa menjadi cara mudah mendapatkan uang dengan segera. Namun, sebaiknya Anda tidak melakukan hal tersebut karena beberapa hal berikut ini bisa saja menimpa Anda ketika meminjam uang di tempat tersebut:

1. Tidak Diawasi Otoritas


Sebelum mengetahui beberapa dampak buruk yang akan didapatkan, mengapa jasa pinjaman uang tersebut dikatakan illegal? Disebut illegal karena tidak terdaftar atau tidak diawasi oleh Otoritas terkait yakni Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Setiap lembaga keuangan baik itu merupakan lembaga keuangan bank maupun non bank diharuskan untuk mendaftarkan lembaganya ke Otoritas Jasa Keuangan. Biasanya, para pemberi jasa pinjaman uang tersebut tidak terdaftar sehingga Anda perlu mewaspadai karena bisa saja Anda tersandung masalah di kemudian hari karena meminjam dari lembaga yang illegal.

2. Bunga Yang Terlampau Tinggi


Salah satu hal yang membuat Anda harus waspada ketika akan menggunakan jasa pinjaman uang illegal tersebut adalah bunga yang terlampau tinggi. Karena biasanya, para pemberi jasa pinjaman uang tersebut merupakan rentenir yang dikenal memberikan bunga tinggi. Meskipun menjanjikan pencairan pinjaman dalam waktu yang singkat serta bisa melakukan gadai BPKB Mobil, namun Anda perlu waspada dengan bunga yang akan diberikan agar tidak membebani Anda dikemudian hari.

3. Penagih Pinjaman Tidak Sesuai Prosedur

Bukan hanya bunga yang terlampau tinggi, penagihan pinjaman yang dilakukan juga biasanya tidak sesuai dengan prosedur yang seharusnya dilakukan. Hal ini perlu menjadi catatan khusus mengingat biasanya para debt collector kerap melakukan berbagai hal yang diluar batas wajar bahkan cenderung membahayakan pihak debitur. Tak jarang para debt collector yang mengancam pihak peminjam hingga merampas paksa barang-barang peminjam untuk digunakan sebagai jaminan. Hal ini tentu diluar prosedur dan bisa terjadi jika Anda meminjam uang di sembarang tempat yang illegal.


Click to comment