Jika Ijazah Sekolahmu Hilang

advertise here
ijazah hilang, pengganti ijazah, ijazah sekolah

Ijazah pendidikan bisa dikatakan surat berharga apalagi ijazah pendidikan formal. Karena ijazah biasanya dibutuhkan untuk bekerja di sebuah perusahaan atau di lembaga pemerintahan, menjadi pejabat politik, atau penyelenggara pemilu. Lalu bagaimana jika ijazah sekolah kita hilang? Bagaimana caranya untuk mendapatkan kembali ijazah yang hilang? Inilah Catan Pengalaman Abu Raksa.

Tahun 2016 saya menjual rumahku yang terletak di Griya Pamoyanan 2. Penjualan rumah diwakili oleh kakak iparku dan sayapun tidak pernah bertemu dengan pembelinya sampai hari ini. Mungkin anda bertanya, "lha masalah ijazah sekolah hilang malah bicara masalah rumah?".

Ceritanya seperti ini. Singkat cerita, rumah tersebut laku terjual melalui kakakku itu dan kakakku ini mengatakan rumah harus kosong malam itu juga. Karena ternyata si pembeli rumah telah menjual rumahnya juga. Sehingga membutuhkan rumah dalam waktu yang singkat.


Malam harinya saya dibantu bapak mertua langsung beres-beres rumah, mengangkut barang-barang yang ada ke rumah kontrakan yang akan saya tempati. Namun malam itu hujan turun, sehingga takut rusak maka dokumen-dokumen yang berada di meja kerja tidak ikut dibawa beserta mejanya. Sayapun titip pesan kepada kakak ipar untuk disampaikan kepada pembeli supaya menyimpan barang-barang yang ditinggal. 

Baca: Yang Harus Diperhatikan Saat Uji Teori Pembuatan SIM

Pesan tidak disampaikan langsung kepada pembeli karena memang penulis belum pernah berkomunikasi sama sekali dengan pembeli rumah. Selang beberapa hari penulis beserta istri bermaksud untuk membawa dokumen tersebut. Keadaan rumah terkunci, penulis segera menelepon kakak ipar agar menghubungi pemilik baru rumahku itu. Namun naasnya selang beberapa jam, kakak ipar balik menghubungi dan mengatakan Barang-barang yang dulu ditinggal telah dibuang oleh pembeli.

Itulah sepenggal kisah yang memilukan karena bagian kenangan kita raib entah kemana.

Mendapatkan kembali ijazah yang baru

Berdasarkan pengalaman Abu Raksa, kita sebenarnya bisa mendapatkan kembali ijazah kita yang hilang. Namun ijazah ini adalah ijazah pengganti, bukan ijazah sama seperti awal. Namun ijazah pengganti ini merupakan dokumen legal.

Caranya cukup mudah,anda bisa mengajukan pembuatan ijazah pengganti melalui sekolah tempat kita belajar dahulu. Nanti kita akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan pembuatan ijazah pengganti.

Atau anda bisa dapatkan formulir tersebut di link di bawah ini:

Download Formulir Ajuan Ijazah Baru

Demikian pengalaman Abu Raksa mengenai proses pembuatan ijazah baru. Bagaimana dengan anda?

Kata kunci terkait: "cara mengurus ijazah s1 yang hilang, ijazah pengganti, contoh surat keterangan ijazah hilang dari sekolah, cara mengurus ijazah d3 yang hilang, contoh pengganti ijazah yang hilang, cara mengurus skhun yang hilang, cara mengurus ijazah yang rusak, ijazah pengganti yang hilang".

1 komentar:

Click to comment